Jumat, 29 Maret 2013

Sejarah Internet


DASAR – DASAR INTERNET

A.  Sejarah Singkat Internet
Pada tahun 1957, uni sofyet meluncurkan sputnik I ke dalam orbit bumi. Amerika serikat (AS) tak mau ketinggalan. Salah satu reaksi AS adalah pendirian lembaga riset canggih yang dikenal sebagai advanced Reseach Project Agency (ARPA) dibawah kendali departemen pertahaan As. Misi utamanya adalah menerapkan teknologi canggih di departemen tersebut. Berikutnya lembaga tersebut mengembangkan teknologi kominikasi melalui jaringan langsung lewat computer antara basis operasionaldengan sub kontraktornya.
Pada tahun 1965, penah melakukan suatu eksperimen pengiriman data computer melalui jaringan telepon di Berkeley dan MIT dengan kecepatan dial-up yang rendah, yang selanjutnya menjadi “Wide Area Network” (WAN)
Pada tahun 1974, Stanford  membuat telenet yang dapat diakses oleh public secara komersial.
Pada tahun 1979, usenet dibentuk sebagai system  operasi terbuka yang memfokuskan pada komunikasi e-mail, dan selanjutnya dikembangkan menjadi kelompok newsgroup sebagai wahana bertukar pikiran tentang berbagai hal diantara mereka yang menjadi anggotanya.
Pada tahun 1982 pengembangan internet merupakan babak baru dalam era komunikasi yang memungkinkan setiap individu dapat melakukan komunikasi keberbagai belahan dunia dalam waktu yang sangat singkat. Perkembangan selanjutnya menunjukan bahwa pada tahun 1984 telah diperkenalkan domain name service (DNS) yang mengelompokan  nama domain sesuai dengan jenis kegiatannya. Nama domain yang ada di Indonesia dalah edu,com,go,net,tv dan org.

B.  Pengertian Internet
Berikut ini disajikan beberapa definisi internet mulai dari yang paling sederhana sampai pada pada pengertian yang  relative luas.
·      Menurut Webopaedia Internet adalah suatu jaringan global yang menghubungkan jutaan computer
·                               Menurut Burners Lee Internet adalah suatu jaringan dari beberapa jaringan
·      Menurut  Internet Society  (ISOC), internet didefinisikan sebagai kemampuan menyampaikan informasi global yang cepat, mekanisme penyebaran informasi, dan media koloborasi dan interaksi  antara individu dan computer mereka tanpa melihat  lokasi secara geografis.
·      Menurut Martin, dkk, internet adalah suatu jaringan dari berbagai jaringan yang menggunakan protocol TCP/IP, dengan pintu gerbang koneksi ke banyak jaringan yang tidak menggunakan protocol TCP/IP

Untuk dapat melakukan koneksi antar komputr di berbagai belahan dunia, diperlukan system nama Domain atau Domain Name System (DNS). Melalui  nama :

Table 23.1 Nama Domain Dan Contohnya
Domain
Arti
contoh
.com
Komersial, bisnis
Ibm.com
Att.com
Ford.com
.net
Network provider,internet service provider (isp)
Webtv.net
.gov
Lembaga pemerintah as
Whitehouse.gov nasa.gov
.edu
Lembaga pendidikan as
Uca.edu
Ulu.edu
Stanford.edu
.org
Organisasi nirlaba (sosial)
Redcross.org
Sfopera.org
Wto.org
Imf.org
Worldbank.org
.mil
Militer amerika serikat
Army.mil
.int
Internasional
Itu.int

Beberapa contoh nama domain yang menunjukan nama asal suatu Negara, biasanya menggunakan dua huruf paling akhir dari nama domain.
Table 23.2 nama domain Negara dan contohnya

Domain
Negara
contoh
Us
United states
City.palo-alto.ca.us Washington.k12.ia.us
My
Malaysia
Parlimen.gov.myjaring.my
De
Germany
Sgi.de
Jp
Japan
Id
Indonesia
Bi.go.id
Bps.go.id
Depkeu.go.id
Dprin.go.id

Beberapa nama domain lainnya di inggris adalah sebagai berikut :
·      Plc dan ltd-untuk bisnis
·      Mod-untuk menteri pertahanan
·      Nhs-untuk pelayanan kesehatan
·      Sch-untuk sekolah vpra-universitas

C.  Fasilitas Dalam Internet
Beberapa fasilitas yang tersedia dalam internet antara lain:
1.    Electronic mail (E-mail)
Surat Elektronik atau Electronic Mail (E-mail) adalah salah satu bentuk cara pengiriman surat, informasi, atau pesan (bisnis dan non bisnis) yang dilakukan secara elektronik, tanpa kertas  dan tanpa jasa pengirim. Dala era digital, ini merupakan cara pengiriman informasi yang paling mudah, murah dan cepat sampai ke alamat yang dituju.
Untuk dapat memanfaatkan layanan pengiriman lewat surat elektronik tersebut, seseorang dapat mendaftarkan diri ke sebuah layanan penyedia jasa internet atau yang lebih dikenal Internet Service Provider (ISP). Sebelum mendaftarkan diri ke ISP, anda harus memiliki seperangkat computer dengan spesifikasi minimal mikroprosesor Pentium atau yang setara (versi terbaru lebih bagus). Selain itu, untuk mengoperasikan e-mail diperlukan  aplikasi software, misalnya Pegasus Mail, MS Outlook (express), Yahoo!Mail, dan Eudora.
Beberapa ISP yang ada di Indonesia antara lain adalah B-Net, bit Net, cabi Net, buminet, cbn Net, central Online, centrin Net, indo Internet, iptek Net dan lain-lain. Agar dapat mengakses internet, anda harus mendaftar diri ke isp tersebut dengan membayar sejumlah biaya tertentu yang besarnya bervariasi, tergantung jenis layanan internet yang tersedia.
Apabila anda ingin memiliki alamat e-mail secara gratis, anda dapat mendaftarkan diri ke berbagai alamat situs web baik dalam negeri maupun luar negeri. Dalam menyampaiakn pesan-pesan bisnis lewat e-mail, sebaiknya perlu diperhatikan beberapa hal berikut ini.:
·      Cantumkan nama diri anda yang sebenarnya (bukan nama samara atau nama panggilan)
·      Isi pesan yang disampaikan haruslah tetap mengacu pada kaidah yang umum seperti sederhana, ringkas, dan jelas/mudah dipahami pembaca
·      Hindari penggunaan kata-kata atau kalimat yang bernada menghina, mengejek, menghasut dan mengumpat
·      Apabila hendak mengundurkan diri dari suatu forum diskusi, sebaiknya member tahukan ke administrator atau moderator

E-mail memiliki beberapa fungsi dasar bagi penggunanya antara lain :
·      Menerima pesan
·      Membaca pesan
·      Mengirim pesan
·      Menjawab pesan yang masuk
·      Meneruskan pesan yang masuk ke pemakai lain

2.    Mailing list 
Mailing list  yang sering disebut kelompok diskusi yang dapat menyimpan daftar anggota yang tertarik pada topic-topik tertentu. Kelompok diskusi di internet cukup bervariasi, mulai dari topik-topik tertentu. Kelompok diskusi di internet cukup bervariasi, mulai dari topic-topik yang santai sampai pada topic-topik yang memerlukan pendebatan berat (misalnya, masalah politik)
Pengelolaan kegiatan operasional sehari-hari mailing list ini dilakukan oleh program computer secara otomatis. Perangkat lunak yang umum digunakan adalah listserv. Oleh karena maling list dikendalikan dengan perangkat lunak computer, baik pada saat mendaftar diri maupun pengunduran diri dari mailing list tersebut.
Beberapa contoh mailing list yang ada di Indonesia antara lain :
·      Forum diskusi masalah aceh (acehNet@aceh.org)
·      Forum diskusi tentang AIDS (aids-ina@undip.ac.id)
·      Forum diskusi masalah bisnis (business-forum@airland.com)
·      Forum bisnis dan investasi (indotradenet@egroups.com)

3. Newsgroup
Newsgroup memiliki kesamaan dengan mailing list, yaitu sebagai forum diskusi atau tukar pikiran di antara para anggotanya. Perbedaannya adalah bahwa pada newsgroup diperlukan program tertentu untuk membaca suatu informasi atau pesan, yaitu newsreader.
Salah satu kelemahan newsgroup adalah anda harus memiliki program newsreader. Hal ini berbeda dengan mailing list, dimana kita tinggal membuka e-mail box.
Sedangkan keuntungan newsgroup adalah dapat memilih informasi atau berita yang menarik saja, sedangkan yang ridak menarik dapat diabaikan. Keuntungan lainnya adalah anda akan terhindar dari menumpuknya berita atau informasi dikotak surat anda meskipun anda tidak membuka kotak surat dalam kurun waktu tertentu.
Berikut ini adalah beberapa alamat yang membahas tentang newsgroup:
v  hhtp://www.learnthenet.com/english/html/26nwsgrp
v  hhtp://www.dejanews.com
v  hhtp://www.liszt.com/news
v  hhtp://www.looksmart.com
v  hhtp://www.bio.net

4. World Wide Web (Web)
World Wide Web adalah sebuah sistem yang terdiri dari berbagai dokumen hyperteks yang saling terkait secara luas, menurut kamus Webster. Untuk dapat menjelajahi Internet dengan Web, diperlukan Software penjelajah Internet yang disebut Internet browser atau sering disingkat browser. Disamping itu, masih ada beberapa browser lain yang relatif jarang ditemukan di Indonesia seperti Mosaic, America Online, Arachne, Emacs/W3, Cello, Hotjava, Opera, Webprowler, WebTV.
Kehadiran web dalam internet memberikan kemudahan untuk mengakses berbagai informasi baik yang berupa teks, grafis, dan suara bagi penggunanya (user).
Dalam kaitannya dengan Web, kita perlu memahami secara sekilas tentang hypertext danprotocol web. Hypertext adalah suatu metode untuk membuat dokumen online yang memiliki kaitan ke bagian lain dari dokumen yang sama, atau ke dokumen lain yang terpisah.
Protokol Web menyediakan sarana bagi perancang dokumen hypertext atau dokumen web untuk meletakkan informasi yang relevan secara mudah, sederhana, dan online, dengan cara menambahkan pointer-pointer yang menunjuk ke sumber informasi yang berasal dari luar.
Protokol Web meliputi HTML (Hypertext Markup Language), HTTP (Hypertext Transfer Protocol), dan URL (Uniform Resource Locator). HTML mendefinisikan dan menjelaskan bagaimana rancangan suatu dokumen Web. HTTP mendefinisikan dan menjelaskan bagaimana server dan client berinteraksi dalam mengirim dan menerima dokumen Web. Sedangakan URL mengidentifikasi dan menunjukkan sumber daya jaringan.
Sepuluh besar situs Web menurut Topsites Link adalah (1)Yahoo!, (2)MSN, (3)AOL, (4)Lycos, (5)Go.com, (6)Excite, (7)Netscape, (8)Go2Net, (9)Infospace, dan (10)Altavista.

5. Telnet (Telecommunications Networking)
Telnet merupakan salah satu fasilitas dalam Web yang lama kelamaan semakin hilang dari peredaran, seiring dengan pengubahan atau peningkatan lokasi-lokasi Telnet menjadi Web. Telnet dapat digunakan untuk akses berbagai informasi di berbagai perpustakaan maupun kantor-kantor instasi pemerintah si AS. Untuk dapat akses lewat Telnet, umumnya pengguna harus mengisi username saat login dan password-nya. Meskipun demikian, beberapa perpustakaan perguruan tinggi dan instansi pemerintah memberikan keleluasaan bagi penggunaannya untuk dapat akses lewat Telnet.

6. File Transfer Protocol (FTP)                                             
FTP termasuk salah satu sumber daya yang sering digunakan di jaringan Internet. FTP sebagai alat dasar digunakan untuk menyalin fail(file) dari suatu computer ke computer lainnya di Internet.
Sebagaimana e-mail, agar FTP dapat berfungsi, diperlukan FTP client dan FTP server (peer to peer). Client mungkin saja berupa Bulletin Board System (BBS) yang terkoneksi dengan Internet atau sebuah PC.
Server-server FTP sudah disiapkan untuk menampilkan daftar serta direktori file-file yang ada untuk di-download.
Berikut ini beberapa contoh alamat FTP yang dapat anda kunjungi :
·         ftp.cica.indiana.edu         Berisi berbagai fail bantu yang berisi materi pelajaran, driver-driver dan utilitas-utilitas yang disempurnakan, yang dapat di download.
·         ftp.microsoft.com        tempat pokok perangkat-perangkat lunak Windows.
·         Pkware.com        pembuat PKUNZIP dan PKZIP, utilitas kompresi/dekompresi yang paling banyak digunakan.
·         ftp.wordperfect.com        sumber dari perubahan-perubahan untuk WordPerfect for Windows dan utilitas lainnya.
·         Cdrom.com        sumber informasi produk-produk CDROM dan ribuan file teks dan program untul Windows.

7. Internet Relay Chat (IRC)
Internet Relay Chat (IRC), yang juga dikenal sebagai saran chatting (diskusi), memungkinkan pengguna Internet secara bersama-sama berpatisipasi dalam suatu diskusi, tanpa dibatasi jumlahnya. Chatting memang salah satu fasilitas di Internet yang cukup banyak penggunanya. Chatting hanya menampilkan semua komentar dari setiap peserta diskusi pada sebuah daftar besar yang bergulung. Dalam hal ini, setiap peserta dalam chatting memilihsebuah nama panggilan sebelum memasuki sesi chatting.
IRC adalah suatu sistem klien / server. Program diskusi ini berjalan pada sebuah server yang terhubung ke jaringan IRC. Anda harus menjalankan suatu klien IRC untuk berinteraksi dengan server tersebut dengan software tertentu misalnya WinIRC. Peringkat sepuluh besar situ Web yang menyediakan ruang chatting yang dilakukan oleh TopsiteLinks.com  adalah (1) TalkCity, (2)Yahoo Chat, (3)MSN Chat, (4)Go.com Chat, (5)Excite Chat, (6)Lycos Chat, (7)Delphi, (8) Altavista Chat, (9)Chat Planet, (10)VZones.

D. Search Engine
Search Engine (mesin pencari) merupakan mesin pembantu bila ingin mencari berbagai jenis informasi yang dibutuhkan baik yang berhubungan dengan masalah bisnis dan non-bisnis. Cukup dengan cara mengetikkan kata kunci yang diinginkan dan klik “GO” atau “Cari”. Search Engine yang ada di pasar cukup banyak, beberapa di antaranya adalah Yahoo!, MSN (Microsoft Network), AOL (America Online), AltaVista, Lycos, Lycosasia, DirectHit, Excite, Google, GoTo, Hotbot, MetaCrawler, DogPile, Allsearch.

E.Manfaat dan Kekhawatiran Atas Kehadiran Internet.
Sebagaiman dijelaskan pada awal bahasan ini, Internet merupakan suatu jaringan yang mampu menjangkau penggunanya dimana saja, kapan saja dan bagi siapa saja. Secara lebih rinci, keberadaan Internet memberikan beberapa manfaat bagi penggunanya.
1.      Manfaat
a.       Memudahkan penggunanya berkomunikasi secara global.
b.      Cepat dan relative murah biaya dalam penyampaian informasi dan komunikasi (termasuk forum Chatting) ke berbagai tempat secara bersamaan.
c.       Menambah berbagai macam informasi penting (seperti hasil riset, men-download software, kebijakan, peraturan atau perundang-undangan baru) yang tidak didapatkan di media cetak.
d.      Menambah persaudaraan, persahabatan, teman-teman baru atau pasangan baru (calon suami/istri) dari hasil penjelajahan di jalur Internet.
e.       Menambah wawasan berpikir, berkreasi, dan berinovasi.

2.      Pelaku Bisni
a.       Kehadiran internet dapat dipakai sebagai media promosi atas produk dan jasa yang dihasilkan dengan biaya relative murah dan daya jangkauannya yang luas (global).
b.      Selain sebagai media promosi, bagi kalangan bisnis kehadiran Internet juga sebagai media transaksi secara online (online shopping).
c.       Kehadiran Internet juga mempermudah sistem pembayaran transaksi dalam berbelanja online.
d.      Kehadiran Internet memberikan peluang tumbuhnya bisnis jasa baru, seperti warung internet (warnet), telepon internet, konsultan telematika dan desainer situs Web.
e.       Kehadiran Internet juga memberikan kemudahan bagi pengiriman informasi (termasuk konfirmasi, proposal, dan laporan bisnis) ke berbagai pihak lebih cepat.
f.       Kehadiran Internet juga memberikan kemampuan untuk melakukan konferensi jarak jauh (telekoferensi) antara perusahaan induk dengan anak perusahaan yang berada di berbagai belahan dunia.
3.      Kekhawatiran
Selain memberikan manfaat yang cukup besar bagi kemudahan penggunanya, ternyata keberadaan Internet juga menimbulkan berbagai kekhawatiran banyak pihak, diantaranya sebagai berikut :
a.       Menyebarnya berbagai paham, ideologi, atau pandangan yang tidak sesuai dengan paham atau ideologi yang dianut oleh suatu Negara lewat Internet.
b.      Pengguna di bawah umur (belum dewasa) dapat dengan mudah membuka atau akses ke alamat situs Web yang tidak layak diakses badi mereka.
c.       Pengguna yang iseng (para hacker) mengacak-acak situs Web orang atau lembaga lain, yang dapat berakibat fatal seperti rusaknya sistem operasi dan berdampak system down.
d.      Pengguna Internet yang sering men-download informasi dari Internet, nukan tidak mungkin mentransfer virus yang akan berakibat fatal.
e.       Sistem keamanan baik dalam bertransaksi secara online maupun penyimpanan data di host computer, sering kali masih dapat dibobol oleh para hacker.
f.       Belum ada hokum yang tegas oleh pemerintah tentang kegiatan bisnis Internet, menjadikan para pengguna jasa internet merasa khawatir.
g.      Munculnya situs Web yang dapat membahayak diri sendiri maupun orang lain.

F. Tantangan Teknologi Internet di Masa Depan
Teknologi informasi dan komunikasi selalu dinamis, bergerak menuju perbaikan-perbaikan yang memberikan kemudahan atau manfaat bagi para penggunanya. Begitu pula halnya dengan teknologi internet, yang juga akan selalu mengalami perbaikan-perbaikan yang akan memberikan manfaat bagi penggunanya, baik yang berkaitan dengan pengembangan protocol Web, format browser Internet, kecepatan akses Internet, integrasi multimedia dalam Internet, teknologi tanpa kabel, dan kombinasi media televise dan Internet. Yang jelas bahwa masa depan, Research and development (R & D) dalam dunia Internet akan terus melakukan berbagai eksperimen penting bagi peningkatan kinerja hardware dan software Internet. 

0 komentar:

Posting Komentar